Inilah Penampakan Kondom dari Jaman Purba Kala

shares



Inilah Penampakan Kondom dari Jaman Purba Kala

Dari sebuah catatan sejarah yang ada, kondom sudah pernah digunakan dari sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Mungkin sekitar tahun 1000 sebelum Masehi orang di Mesir kuno pernah menggunakan bahan linen sebagai sebuah sarung penganan untuk mencegah tubuh dari penyakit.

Dan pada tahun 100 Masehi sampai dengan tahun 200 Masehi ditemukan bukti awal dari pemakaian kondom di benua Eropa, bukti tersebut datang dari sebuah lukisan berupa sebuah pemandangan gua di daerah Combrelles, negara Prancis.

Pada tahun 1500-an untuk pertama kalinya telah dipublikasikan sebuah deskripsi dan juga percobaan sebuah alat untuk mencegah penyakit yaitu berupa kondom di negara Italia.

Pada saat itu Gabrielle Fallopius mengklaim telah menemukan sebuah sarung yang terbuat dari bahan linen dan itu telah diuji coba sebanyak 1.100 lelaki sebagai kondom.  Dan hasil dari percobaan yang dilakukan tersebut tidak ada satu pun dari para lelaki yang diuji coba yang terinfeksi penyakit Sifilis.

Dari hasil uji coba dan penemuan tersebut telah membuktikan bahwa kain yang berbahan linen itu memiliki manfaat untuk mencegah sebuah infeksi. Tetapi, di kemudian hari kondom saat ini lebih dikenal sebagai alat untuk mencegah kehamilan.

Hal itu itu terjadi karena diawali dari sebuah percobaan terhadap kain berbahan linen yang sudah dibasahi dengan sebuah cairan kimia pada tahun 1500-an. Ketika bahan linen itu direndam didalam sebuah cairan kimia dan kemudian dikeringkan setelah itu dikenakan pada seorang pria maka kain tersebut dapat mematikan sel sperma.

Pada tahun 1700-an, kondom telah dibuat dari usus binatang. Perubahan dari bahan itu telah membuat harga kondom menjadi lebih mahal dibanding dengan kondom dari bahan linen. Dan ketika itu kondom sudah dikenal sebagai ‘baju baja untuk melawan kesenangan dan jaring laba-laba mencegah infeksi.’ Pada saat itu, kondom tipe itu dipakai secara berulang.

Pada tahun 1894, Goodyear dan Hancock sudah memulai untuk memproduksi kondom secara massal, kondom tersebut terbuat dari karat yang sudah divulkanisasi untuk membalikkan sifat karet kasar ke elastisitas yang kuat.

Dan di tahun 1861 untuk pertama kalinya kondom dipublikasikan di seluruh Amerika Serikat melalui surat kabar terkenal bernama  The New York Times. Pada tahun 1880 kondom  telah dibuat dari lateks, tetapi pemakaian kondom tersebut secara luas baru terjadi sekitar tahun 1930-an.

Pada tahun 1935 sebanyak 1.5 juta kondom telah diproduksi setiap hari di negara Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1980-an sampai 1990-an pasaran kondom di negara Amerika Serikat telah didominasi oleh pabrik kondom setempat.

Baru sekitar tahun 1987 kondom dari produksi Jepang dengan merek bernama Kimono telah memasuki pasar Amerika Serikat. Kondom asal jepang tersebut memiliki bahan yang lembut dan tipis. Iklan kondomnya pun menekankankan bahwa mendapatkan kesenangan sama pentingnya dengan melakukan pencegahan.

Dan di tahun 1990-an sudah muncul beragam macam jenis kondom dan juga untuk pertama kali sudah tersedia kondom berbahan polyurethane. Pada tahun 1993 produksi tahunan kondom lateks mencapai 8,5juta miliar.

Related Posts